SEJARAH

POLITEKNIK PUSMANU PEKALONGAN

Politeknik PUSMANU berdiri di bawah naungan Yayasan Al Utsmani Pekalongan. Politeknik adalah institusi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan professional dibidang keahlian tertentu, nama PUSMANU singkatan dari Perguruan Tinggi Usaha Sosial Masyarakat bersama Nahdlatul Ulama )

Politeknik Pusmanu berdiri secara resmi dibawah Yayasan Al-Utsmani pada tanggal 12 Februari 2002 berdasarkan SK Yayasan Al-Utsmani Pekalongan Nomor : C.089/YYS.AL-UTSMANI/II/02. Latar belakang berdirinya Politeknik Pusmanu Pekalongan ini muncul dari suatu keprihatinan H. Arifin Utsman sebagai seorang pengusaha dan sosok yang telah lama berkecimpung dalam kegiatan social kemasyarakatan, melihat tingkat pengangguran yang terus meningkat, terlebih setelah menyaksikan adanya kesenjangan yang cukup tajam antara lulusan perguruan tinggi yang bergelar sarjana dengan kompetensi dan keahlian yang tidak relevan dengan bidang kerja yang tersedia.  Sebagai pengusaha batik beliau juga merasa khawatir, jika Batik Pekalongan kehilangan sejarahnya sebagai Kota Batik karena tidak ada lembaga yang memperhatikan, mengembangkan dan membudayakan batik bagi generasi penerus secara formal dalam sebuah institusi, maka beliau berobsesi mendirikan lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang PEMBATIKAN.

Sementara itu karena keterbatasan sumberdaya yang dimiliki, keprihatinan H. Arifin Utsman terbatas hanya wacana saja di lingkungan yayasan.  Disisi lain seorang akademisi yang berasal dari Kota Batik dan lama berkiprah sebagai dosen di salah satu Perguruan Tinggi, Ahmad Subagyo, SE.MM., Sebagai KONSEPTOR dipertemukan dengan seorang Aghniya’ H. Arifin Utsman oleh Drs. Soni Hikmalul,  Setelah melalui masa ta’aruf yang cukup panjang, atas izin Allah SWT akhirnya disepakati oleh H. Arifin Usman untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi yang diberi nama POLITEKNIK PUSMANU di Pekalongan.

Dukungan ini semakin membesar terbukti adanya dukungan dari Walikota Pekalongan dengan dikeluarkannya Surat Rekomendasi Nomor : 420/000588 tanggal 1 Maret 2002, serta Surat Rekomendasi DPRD Kota Pekalongan Nomor : 045/117 tanggal 26 Februari 2002. Hal ini membesarkan hati para penggagas untuk terus berjuang mewujudkan harapan besar masyarakat tersebut. Warga Pekalongan yang mempunyai keahlian Batik, sudah lama mengimpikan adanya institusi perguruan tinggi yang mengelola program studi pem-BATIK-an untuk menunjang perkembangan industri batik di Pekalongan khususnya dan di Indonesia umumnya, lalu bergulir kebutuhan hilirnya dari keberadaan batik dan tekstil tersebut, yaitu bidang administrasi bisnis, bidang ekspor-impor dan marketingnya, maka dipersiapkanlah program-program studi yang dibutuhkan oleh dunia industry tersebut.

Maka Pendiri pada akhirnya mengusulkan pembukaan 4 (tiga) Program Studi di Politeknik Pusmanu Pekalongan yaitu Teknik Batik, Manajemen Bisnis Internasional, Kesekretariatan dan Administrasi Kantor, dan Akuntansi yang diajukan ke Dirjen Dikti dan disetujui sesuai dengan SK Nomor : 641/D2/2002 tanggal 09 April 2002. Tindak lanjut untuk mematangkan rencana dan konsep POLTEKNIK BATIK yang Ideal, maka para pendiri melakukan kunjungan ke Politeknik ITB Bandung yang merupakan Politeknik tertua di Indonesia dan Politeknik Negeri Bandung  ( POLBAN ). Kunjungan ini menghasilkan kerjasama (MoU) antara Yayasan Al-Utsmani Pekalongan dengan Politeknik ITB Bandung dan POLBAN tertera dalam Surat Kesepakatan Kerjasama Nomor: 061/Al-Utsmani/II/2002 – 059/N09.R/SP/DN/2002 kemudian dilanjutkan ke P5D (Pusat Pengembangan Politeknik dan Pendidikan Program Diploma) dan keluar Surat Rekomendasi Nomor : 114.16/P5D/U-DIR/VIII/2002 tanggal 5 Agustus 2002.

Pada bulan September 2002 telah keluar IJIN dari Menteri Pendidikan Nasional Nomor  : 202/D/O/2002 tentang Ijin Penyelanggaraan Progam – Program Studi dan Pendirian POLITEKNIK BATIK PUSMANU PEKALONGAN dengan moto “Terdepan Dalam Pengusaan Teknologi dan Berakhlakul Karimah”. Kini Polteknik Pusmanu Pekalongan telah berkibar di Kampus Jl. Jendral Soedirman No. 29 Pekalongan Telp./Fax. (0285) 423013 email:pusmanupoliteknik@gmail.com

Akibat dari animo calon mahasiswa yang kurang signifikan untuk mendaftar kuliah  pada Program Studi Manajemen Bisnis Internasional pada perkembangannya Prodi ini ditutup setelah sempat meluluskan satu angkatan. Dengan ditutupnya Prodi ini maka selanjutnya hanya ada 3 Program studi pada Politeknik Pusmanu, yaitu Teknik Batik, Kesekretariatan dan Administrasi Kantor, dan Akuntansi. Program Studi Teknik Batik mendapatkan akreditasi C dari BAN-PT dengan surat keputusan No. 040/SK/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/II/2013 tertanggal 7 Pebruari 2013, Program Studi Kesekretariatan dan Administrasi Kantor mendapatkan akreditasi C dari BAN-PT dengan  Surat Keputusan No. 460/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/XII/2014 tertanggal 7 Desember 2014, Program Studi Akuntansi juga telah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dengan Surat Keputusan No. 476/SK/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/II/2013 tertanggal 21 Desember.

Persaingan antar Perguruan Tinggi yang semakin  ketat, tuntutan masyarakat yang semakin beragam, perkembangan Iptek yang cukup masif dan regulasi dari Pemerintah yang semakin kompleks dan ketat dalam rangka mewujudkan output lulusan berkualitas tinggi maka dibutuhkan sumberdaya yang memadai yang harus dipenuhi pihak penyeleggara (Yayasan), diantaranya sarana prasarana penunjang pembelajaran, tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan, kurikulum yang dipergunakan, kondisi mahasiswanya, serta perencanaan dan pengembangannya. Mengingat beberapa keterbatasan dari Yayasan dan semata-mata untuk kebaikan, apalagi Politeknik Pusmanu ini punya sejarah, karena mempunyai Program Studi Teknik Batik yang pertama di Indonesia, maka pada perkembangannya pihak Yayasan Al-Utsmani menghibahkan sepenuhnya pengelolaan Politeknik Pusmanu ini kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama. Akta alih kelola ini ditandatangani di depan Notaris Ida Rosida SH., MKn. Dengan nomor akta 002/L/I/2017 tertanggal 21 Januari 2017. Dengan alih kelola ini diharapkan kualitas Politeknik Pusmanu dapat ditingkatkan dan dapat selaras mengikuti tuntutan masyarakat pengguna maupun regulasi yang ada. Pada gilirannya Politeknik Pusmanu ini akan menjadi bagian dari Universitas Nahdlatul Ulama Pekalongan yang saat ini masih dalam proses pendirian.